User interface
berarti tampilan antar muka pengguna. Jika didefinisikan secara sederhana User
interface adalah penghubung atau mediator antar komputer dan manusia atau user
komputer itu agar hubungan antara perangkat komputer dengan user bisa terjalin.
User interface sangat berperan penting dalam dunia komputer karena dengan
adanya user interface maka kemudahan user dalam mengoprasikan suatu perangkat
komputer menjadi lebih mudah.
Desain user
interface dalam game berbeda dari desain user interface lainnya karena
melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatardari pengguna yang
sebenarnya atau player. Sebuah desain interface pada suatu game mempengaruhi
kenyamanan dan sejauh mana user atau pemain meminati game tersebut. Dalam
user interface game, terdapat sebuah teori yang dikemukakkan oleh Erik
Fagerholt dan Magnus Loretzon dari Chalmers University of Technology. Dalam
tesisnya mereka menulis tesis tentang desain user interface
berjudul Beyond the HUD – User Interfaces for Increased Player Immersion
in FPS Games. Mereka memperkenalkan istilah berbagai jenis interface yang
berkaitan dengan desain video game.
HUD itu sendiri
kepanjangan dari Heads – up display, merupakan metode dimana informasi secara
visul disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari antarmukan pengguna
permainan. Biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health Point) ataupun MP(Mana
Point) dan biasanya muncul di atas kepala karakter. Fungsi HUD ini
untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.
Dalam desain
antarmuka game terdapat beberapa elemen yang diantaranya adalah :
- Diegetic
Elemen user
interface yang diegetik ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris)
sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual,
audible atau haptic. Elemen UI diegetik yang dieksekusi dengan baik dapat
meningkatkan pengalaman narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih
mendalam dan terintegrasi. Salah satu game yang mengimplementasikan elemen
diegetic adalah Assassin’s Creed. Assassin’s Creed berhasil menggunakan banyak
pola diegetic meskipun itu diatur dalam dunia sejarah karena pemain pemain
menggunakan sistem virtual reality di masa depan. Jadi cerita sebenarnya
futuristik daripada sejarah
- Meta
Gambaran yang
bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk
pemain.Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan
darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. Contoh: Grand Theft Auto 4
Berinteraksi dengan telepon di Grand Theft Auto 4 adalah contoh menarik. Ini
meniru interaksi dunia nyata – Anda mendengar dering telepon dan ada penundaan
sebelum karakter dan pemain menjawabnya. Elemen UI sebenarnya itu sendiri
muncul pada pesawat hub 2D, jadi itu benar-benar elemen Meta, meskipun awal
interaksi yang diegetik.
- Spatial
Elemen User
Interface yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas
dari dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik).
Fable 3 adalah
contoh di mana unsur-unsur spatial yang digunakan untuk memberikan informasi
lebih kepada pemain dan mencegah mereka dari melompat ke layar peta. Jejak
bersinar hampir cocok dalam fiksi mengingat kualitas estetika ajaib itu tapi
karakter tidak dimaksudkan untuk menyadari hal itu. Ini memandu pemain ke
tujuan berikutnya.
- Non-Diagetic
Antarmuka yang
diberikan di luar dunia game, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia
nyata desain interface ini semuanya mengunakan visual heads-up display (HUD).
semua menjadi sangat nyaman dengan penggunaan heads-up display (HUD) dalam
permainan. Sistem ini memberikan informasi penting dengan cara yang cukup
sederhana. Jika dilakukan dengan benar pemain bahkan tidak tahu itu ada. Mass
Effect 3 menggunakan banyak Non-diegetik elemen UI untuk menginformasikan
pemain senjata karakter dipilih dan kekuasaan – antara lain. Mengingat
pengaturan futuristik itu saya tidak bisa membantu untuk berpikir jika beberapa
informasi ini bisa telah terintegrasi ke dalam dunia game, narasi, atau bahkan
keduanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar